Selasa, 07 September 2010

Siapa yang lebih dewasa?



Reformasi sudah banyak merubah wajah Indonesia saat ini. Salah satunya adalah kebebasan berpendapat. Walaupun banyak yang menyayangkan kebebasan ini seringkali menjadi kebablasan, tapi saya sendiri bersyukur bisa menikmati kebebasan berpendapat ini, karena menunjukkan kedewasaan Republik ini.

Bayangin aja, kalau ada orang yang jadi temen qta, tapi ngga bisa dikritik..wah sombong amat n ngga dewasa banget..karena se-pedas apapun yang namanya masukan bahkan kritikan, itu diberikan karena kita care...tapi kalau ngga care sih ya cuek aja, mau ancur ya ancur aja...Tapi INDONESIA menunjukkan kedewasaannya di jaman reformasi ini.

Berbeda dengan negara yang dianggapnya sudah maju tapi masih mengekang kebebasan berpendapat. Padahal gimana bisa dikekang ya, dengan adanya kemajuan di bidang internet, itu merobohkan tembok n juga jarak. Artinya kalau ada negara yang masih mengekang kebebasan berpendapat, bisa2 dibilang negara itu hanya terlihat maju di luar tapi keropos di dalam.

Baru-baru ini Malaysia memburu mahasiswanya yang katanya sih membuat postingan di internet yang dapat menyulut perpecahan. (lihat aja di liputan 6) sampai bikin tim khusus segala ckckckckck....dewasa sekali...!

Makanya jangan sampai kita mengalami kemunduran. Kasian kan, sampe mereka aja ngga tau kenapa rakyat INDONESIA sangat marah akhir-akhir ini dengan Malaysia sampai bakar bendera segala...

Tapi apakah betul kita sudah dewasa dalam menanggapi kritikan?
Baru-baru ini seorang Kolonel TNI, menulis kritikan nya terhadap SBY dan langsung akan diperiksa dengan tuduhan melanggar kode etik. Emang seburuk apa sih tulisannya yang ditulis di media massa itu.. (silahkan klik disini..)

Kalau sudah dibaca tidak ada tuh kata2 yang menjelekkan malah dengan bahasa yang santun...
nah kalau udah gini... apa benar kita sudah dewasa dalam bersikap terhadap kritikan?

Secara garis besar, INDONESIA jauh lebih maju soal demokrasi, penangkapan aktivis sudah lama tidak terdengar, surat kabar pun sudah tidak ada yang dibredel. Makanya bangga donk jadi bangsa INDONESIA yang berani melangkah jadi negara besar dan dewasa...



*gambar diambil dari berbagai sumber

1 komentar:

  1. Hehehehe
    Beta setuju banget dgn ulasan penulis.
    Apa yg diharapkan nampaknya akan terwujud dibawah kepemimpinan presiden Bpk Jokowidodo. Semoga...!!!

    BalasHapus